RSS

Denpasar Sewerage Development Project (DSDP) di Bali


Sudah tahu dengan infrastruktur PU Denpasar Sewerage Development Project (DSDP) di Bali ? kalau belum tahu DSDP merupakan salah satu infrastruktur PU bidang Cipta Karya yang berfungsi menangani masalah pengolahan limbah cair. 
DSDP dibangun dengan kolaborasi dana APBD, APBN dan pinjaman luar negeri dari Jepan. Pembangunan DSDP dilatari beberapa turis Jepang yang terjangkit kolera dengan indikasi pencemaran limbah domestik pada 1980an di Bali. Kementerian PU lalu melakukan study penanganan hal tersebut dan mulai membangun DSDP tahap I pada 2002. DSDP diharapkan merubah pengelolaan limbah setempat dengan septictank menjadi sistem pipa sehingga tidak mencemarkan lingkungan 
 Operasionalisasi DSDP diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 Juni 2008. DSDP memiliki 3 perang penting yaitu mengurangi pencemaran badan air yang berasal dari limbah rumah tangga, hotel 7 restoran. Fungsi kedua ialah kesehatan dala hal kurangi penyakit, peningkatan gizi dan produktifitas kerja masyarakat Denpasar. Fungsi terakhir terlkait citra Bali sebagai daerah wisata yang indah dan nyaman.  
Pipa DSDP tahap I mencapai 129 Km yang mampu layani 110 ribu jiwa, angka ini akan meningkat jadi 250 ribu jiwa bila tahap II rampung. Cakupan layanannya yaitu Denpasar 520 ha, Sanur 331 ha dan Kuta 348 ha. 

 

 peer

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar