RSS

PLNku PLN Kita Semua :)

 


Pernah mengalami hal-hal seperti ilustrasi diatas? Ya, itulah beberapa ekspresi saat tiba-tiba listrik di rumah atau di tempat kost padam tanpa permisi. Sungguh menjengkelkan bukan? Namun sepertinya kejadian diatas masih jauh lebih berperi-kelistrikan daripada yang dijalani oleh teman-teman kita yang bermukim di daerah terpencil yang sedari dulu sudah bersahabat dengan kegelapan malam karena memang belum terlayani oleh jaringan listrik.  
 

 Dalam kegelapan malam, seorang anak kecil tetap belajar
walau hanya diterangi oleh lampu petromax  
(Foto:dok/antaranews.com)


atau Ketika orang lain di luar sana bisa hidup “terang”, Mereka yang tinggal di pedalaman Pulau Kalimantan pun menghidupkan dua buah tv dan beberapa bohlam 5 watt dengan mengggunakan genset
(Foto:dok/googleimage)

Sungguh miris memang jika melihat beberapa uraian diatas. Namun tentu PLN tidak akan membiarkan hal itu terus berlanjut. Saya yakin para petinggi PLN beserta jajaran staff dan karyawannya sudah melakukan beberapa upaya terbaik dan inovasi serta terobosan terbaru untuk meningkatkan pelayanan mereka. Seperti pada Layanan Listrik Pintar. Layanan ini merupakan inovasi terkini yang berhasil dijalankan oleh PLN. Dengan menggunakan listrik pintar ini, pelanggan diharapkan mampu mengatur penggunaan listriknya secara efisien. sehingga mereka akan terbiasa melakukan penghematan seperti mematikan lampu yang tidak digunakan, mengurangi pemakaian AC, dan tindakan-tindakan hemat listrik lainnya. Lain halnya dengan sewaktu dulu pada saat menggunakan sistem pasca bayar, penggunaan listrik jadi semaunya karena tidak ada limit yang menjadi patokan penggunaan listriknya. Sungguh bermanfaat sekali.

Disamping itu PLN juga menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Hal ini dilakukan karena  telah menjadi kebutuhan dalam menjalankan kegiatan bisnis agar setiap pertumbuhan usaha dapat berjalan secara berkelanjutan, meningkatkan nilai perusahaan agar mampu bertahan dalam persaingan global. Dalam hal ini, manajemen PLN telah menegaskan komitmennya untuk menjalankan praktek penyelenggaraan korporasi yang bersih dan bebas dari segala bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Adapun program ‘PLN Bersih’ ini meliputi reformasi dalam proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) mulai dari studi pemetaan dalam tahapan/proses PBJ dan juga reformasi proses pelayanan pelanggan yang berkualitas. Dalam konsep ini akan ada tim penerima keluhan pelanggan atau masyarakat yang dikenal dengan whistle blower system. Hal ini digunakan sebagai informasi untuk menginformasikan praktik-praktik korupsi, termasuk memberikan perlindungan pada orang yang menginformasikan terjadinya praktik korupsi di lingkungannya.

Ya, kami, seluruh rakyat Indonesia, tentu saja  berharap besar bahwa dengan adanya kerjasama tersebut, semua pihak dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerugian negara. Kami juga berharap PLN terus meningkatkan dan memperluas area pelayanannya karena listrik bukan hanya milik orang kota saja, juga bukan hanya milik Pulau Jawa saja tetapi milik seluruh orang Indonesia.
Dan satu hal yang pasti karena  
PLNku ini PLN Kita Semua :)



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar